PT Mega Capital Sekuritas Mega Capital Sekuritas

Edukasi

KAMIS, 16 NOVEMBER 2017
Daftar Istilah Investasi

 

Agio Saham

Adalah selisih lebih setoran pemegang saham diatas nilai nominalnya dalam hal saham dikeluarkan dengan nilai nominal.

 

Anggota Bursa

Adalah perusahaan-perusahaan sekuritas yang telah memperoleh ijin Otoritas Jasa Keuangan dan berhak menggunakan sistem yang ada di bursa.

 

Akuisisi

Adalah pengambil-alihan perusahaan oleh perusahaan lain melalui pembelian saham perusahaan tersebut.

 

Annual Report

Adalah laporan keuangan tahunan yang telah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 

Balance Sheet

Adalah laporan keuangan perusahaan yang menunjukan keadaan aset, utang dan modal per tanggal tertentu.

 

Bank Kustodian

Adalah suatu lembaga yang tidak terafiliasi dengan perusahaan aset manajemen manapun dan bertanggung jawab mengamankan. Peranannya menyimpan dan mengamankan efek pemodal dari sebuah reksa dana, mengurus transaksi dan penyampaian efek dan dividen agar mempermudah penyelesaian transaksi di kemudian hari, melakukan registrasi dan pendaftaran atas efek, melaporkan pembayaran dividen, bunga atau perihal lainnya yang telah jatuh tempo, serta menghitung dan melaporkan nilai aktiva bersih

 

Bapepam & LK

Adalah suatu badan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina, mengatur dan mengawasi kegiatan sehari-hari di pasar modal Indonesia. Bapepam & LK mengeluarkan dan memberlakukan peraturan dan pemantauan yang ketat atas pelaksanaan seluruh reksa dana di Indonesia. Sekarang disebut OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

Bid Price

Adalah harga penawaran atas order beli suatu saham di bursa. Sistem JATS akan memprioritaskan harga dengan penawaran beli tertinggi.

 

Bearish

Adalah kondisi bursa ketika harga saham, obligasi dan komoditas yang diperdagangkan turun dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Blue Chip

Adalah saham-saham unggulan, saham-saham dari perusahaan yang mempunyai reputasi baik dan mudah diperjualbelikan (likuiditas tinggi) di bursa saham karena banyak peminatnya.

Bullish

Adalah kebalikan dari bearish. Kondisi bursa ketika harga saham, obligasi dan komoditas yang diperdagangkan naik dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Bursa Efek (Stock Exchange)

Adalah pihak yang menyelenggarakan atau menyediakan sistem untuk mempertemukan penawaran jual dari pihak yang membutuhkan dana dan penawaran beli saham dari pihak yang membutuhkan sarana investasi terpercaya dan prospektif. Biasa disebut juga bursa saham, walaupun instrumen keuangan yang diperjualbelikan bukan hanya saham tapi juga surat hutang (obligasi), derivatif maupun instrumen lainnya.

 

Capital Gain

Adalah keuntungan yang diperoleh karena harga beli saham dibawah harga penjualannya.

 

Capital Loss

Adalah kebalikan dari Capital Gain. Kerugian yang diakibatkan harga beli saham diatas harga penjualannya.

 

Cum Dividen

Adalah tanggal perdagangan terakhir dimana pemegang saham masih memiliki kesempatan memperoleh dividen.

 

Cut Loss

Adalah upaya untuk menghindari kerugian yang lebih besar dengan melakukan penjualan saham pada posisi merugi.

 

Delisting

Adalah tindakan penghapusan efek suatu emiten akibat gagalnya memenuhi persyaratan Bursa dari daftar efek yang tercatat di Bursa sehingga efek tersebut tidak dapat diperdagangkan lagi. Saham-saham yang termasuk dalam daftar ini tetap dapat diperdagangkan di luar bursa dan status emiten tersebut tetap sebagai perusahaan publik.

 

Disclaimer

Adalah pernyataan penolakan bertanggungjawab atas risiko investasi yang mungkin muncul akibat penggunaan informasi yang terdapat pada suatu laporan riset, surat pernyataan atau sejenisnya.

 

Diversifikasi

Adalah cara berinvestasi dengan menanamkan modal pada beragam instrumen investasi untuk mengurangi resiko.

 

Divestasi
Adalah pengurangan jumlah kepemilikan saham (pendiri/founder) atas suatu perusahaan sebagai akibat dari penjualan sebagian saham perusahaan kepada pihak lain atau kepada masyarakat.

 

Dividen

Adalah pembagian keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham. Dividen dapat berupa dividen tunai atau dividen saham, yang jumlahnya akan ditetapkan berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 

Earning Per Share (EPS)

Adalah laba bersih yang diperoleh perusahaan atas setiap lembar yang dimiliki. Cara menghitungnya, laba bersih perusahaan dibagi dengan jumlah seluruh saham yang beredar.

 

Efek (Securities)

Adalah surat berharga, seperti surat pengakuan hutang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti hutang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek dan setiap derivatif dari efek.

 

Emiten

Adalah pihak atau perusahaan yang menawarkan efeknya kepada masyarakat melalui penawaran umum.

 

Ex Dividen

Adalah tanggal perdagangan dimana pemegang saham sudah tidak memiliki kesempatan memperoleh dividen.

 

Forced Delisting

Adalah proses delisting yang dilakukan secara paksa oleh Bursa.

 

Go Public

Adalah kegiatan suatu perusahaan ketika pertama kali menawarkan saham kepada masyarakat. Disebut pula IPO (Initial Public Offering).

 

Harga Teoritis

Adalah sejumlah nilai yang dihitung berdasarkan rasio pembagian dividen saham, saham bonus, penerbitan HMETD, waran, stock split, reverse stock, penggabungan usaha, peleburan usaha perusahaan tercatat dan corporate action lainnya yang ditetapkan oleh perusahaan tercatat.

 

HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu)

Adalah hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham yang ada untuk membeli efek baru, termasuk saham.

 

Indeks Harga Saham (INDEX)

Adalah indikator utama yang menggambarkan pergerakan harga saham. Di Bursa Efek Indonesia terdapat 7 jenis indeks, yaitu Indeks Harga Saham Individual, Indeks Harga Saham Sektoral, Indeks Harga Saham Gabungan, Indeks LQ45, Indeks JII, Indeks  MBX dan Indeks DBX.

 

 

Investasi

Adalah kegiatan penanaman modal dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

 

Kapitalisasi Pasar (Market Capitalization)

Adalah nilai suatu perusahaan publik berdasarkan harga saham perusahaan di bursa (market price) dikalikan dengan jumlah saham yang beredar.

 

Kontrak Investasi Kolektif

Adalah kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan dimana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif sedangkan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.

 

Laporan Keuangan (Financial Statement)

Laporan keuangan yang diterbitkan secara periodik, disusun berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum dan menyajikan kondisi keuangan perusahaan seperti laporan neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan ekuitas pemilik. Output yang dihasilkan dari suatu proses audit terhadap laporan keuangan emiten adalah berupa pendapat atau opini akuntan publik terhadap laporan keuangan tersebut.

 

Likuiditas

Adalah ukuran kemudahan suatu investasi untuk dicairkan atau dikonversi menjadi uang tunai. Uang tunai dijadikan ukuran karena bisa digunakan dengan mudah dan segera.

 

Lot

Satuan terkecil perdagangan saham di bursa (1 lot = 100 lembar).

 

LQ-45

Adalah salah satu indeks di Bursa Efek yang terbentuk dari 45 saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar tertinggi dan diseleksi melalui beberapa kriteria pemilihan. LQ-45 dievaluasi setiap enam bulan sekali.

 

Manajer Investasi

Adalah pihak yang mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk mengadakan kegiatan usaha mengelola portfolio efek bagi investor atau mengelola portfolio investasi kolektif untuk sekelompok investor. Manajer investasi bertanggung jawab mengambil keputusan investasi sesuai dengan ketentuan yang tercantum di dalam prospektus reksa dana tersebut.

 

Manipulasi Pasar

Adalah upaya mempengaruhi investor lain dalam mengambil keputusan investasi melalui informasi yang tidak benar.

 

Margin Call

Adalah batasan dimana investor harus menambah jumlah uang setoran sebagai akibat dari turunnya harga saham yang dimilikinya (ketentuan yang berlaku sebesar 65%).

Margin Trading

Adalah transaksi bursa yang dilakukan oleh Anggota Bursa Efek untuk kepentingan investor yang penyelesaian transaksinya dibiayai oleh Anggota Bursa Efek tersebut (Peraturan BEJ No. 11-9. th.1997).

 

Merger

Adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu.

 

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Adalah nilai dari unit portofolio suatu reksa dana yang berdasarkan nilai aset dikurangi biaya-biaya reksa dana dan kewajiban pajak, lalu dibagi dengan jumlah saham yang beredar. Ini dihitung setiap akhir hari kerja untuk dana saham, dana pendapatan tetap atau obligasi, dana campuran serta dana pasar uang.

 

Nilai Aktiva Bersih Per Unit

Adalah NAB reksa dana dibagi dengan total jumlah unit penyertaan.

 

Nilai Nominal (Par Value)

Adalah nilai yang tertera pada lembaran surat saham yang besarnya ditentukan dalam Anggaran Dasar Perusahaan.

 

Obligasi (Bonds)

Adalah surat bukti hutang jangka panjang dari emiten, umumnya diatas 3 tahun. Setiap periode tertentu, pemilik surat ini dapat menukarkan kupon-kupon yang terlampir untuk mendapatkan bunga dari emiten, sampai akhirnya jatuh tempo ketika perusahaan harus melunasi utangnnya. Ini dapat diperjualbelikan di bursa efek.

 

Offer Price

Adalah harga penawaran atas order jual suatu saham di bursa. Sistem JATS akan memprioritaskan harga dengan penawaran jual terendah. Sering pula disebut Ask Price.

 

Open Price

Adalah harga pada saat bursa pertama kali dibuka setiap hari.

 

Pasar Perdana (Primary Market)

Adalah penjualan efek kepada publik oleh emiten untuk pertama kalinya berdasarkan tata cara yang diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya. Disebut pula Go Public. Membeli saham perdana berarti membeli saham pada saat masa penawaran umum perdana ini atau disebut juga Initial Public Offering (IPO).

 

Pasar Sekunder (Secondary Market)

Adalah suatu istilah yang menunjukan perdagangan efek setelah diterbitkan dan dijual untuk pertama kali di pasar perdana atau perdagangan di Bursa Efek.

 

 Penasihat Investasi

Adalah seseorang atau perusahaan yang mendapat izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan untuk bertindak sebagai pemberi nasihat kepada investor yang ingin menanamkan modalnya dengan harapan memperoleh penghasilan.

 

Penawaran Tender

Adalah penawaran melalui media massa untuk memperoleh efek bersifat ekuitas dengan cara pembelian atau pertukaran dengan efek lainnya.

 

Perusahaan Efek

Adalah perusahaan yang telah memiliki ijin usaha untuk menjalankan satu atau beberapa kegiatan sebagai penjamin emisi, pialang atau penasihat investasi.

 

Perusahaan Publik

Adalah perusahaan yang sahamnya telah dimiliki sekurang-kurangnya oleh 300 (tiga ratus) pemegang saham dan memiliki modal disetor sekurang-kurangnya Rp3.000.000.000 (tiga miliar rupiah) atau suatu jumlah pemegang saham dan modal disetor yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

 

Perusahaan Tercatat (Listed Company)

Adalah perusahaan yang saham-sahamnya tercatat atau terdaftar dan dapat diperdagangkan pada suatu Bursa Efek. Masing-masing Bursa Efek mempunyai persyaratan tersendiri bagi suatu perusahaan yang akan tercatat di bursa tersebut.

 

Pialang (Broker)

Adalah individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual-beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten).

 

Price Earning Ratio (PER)

Adalah rasio yang memperlihatkan berapa kali besarnya penilaian publik atau investor terhadap potensi keuntungan yang akan didapat perusahaan per-saham yang tercermin dalam harga pasar di bursa. Secara umum, semakin besar PER membuat investor semakin percaya. Akan tetapi, bisa berarti harga saham senakin mahal. Biasanya digunakan untuk perusahaan sektor riil.

 

Price & Time Priority

Adalah prioritas dalam melakukan transaksi jual beli saham di Bursa Efek (di Pasar Reguler), dimana pihak yang menawarkan harga paling tinggi untuk membeli atau paling rendah untuk menjual akan mendapatkan prioritas dalam suatu transaksi, sementara penawaran pada harga yang sama baik untuk beli maupun untuk jual, prioritas diberikan kepada siapa yang lebih dahulu memasukan penawaran tersebut.

 

Prospektus

Adalah setiap informasi tertulis sehubungan dengan penawaran umum dengan tujuan agar pihak lain membeli efek.


Redemption

Adalah pencairan atau penjualan kembali unit penyertaan.

 

Return

Adalah hasil yang diperoleh dari penanaman modal tertentu dalam suatu perusahaan pada periode tertentu.

 

Reverse Stock 

Adalah penggabungan nilai nominal saham.

 

Right Issue

Adalah salah satu bentuk peningkatan modal disetor suatu perseroan. Dalam right issue atau disebut juga penawaran umum terbatas, perseroan menawarkan hak (right) kepada pemegang saham yang ada untuk mendapatkan saham baru yang tentu saja berarti menyetor modal dengan rasio tertentu. Jika pemegang saham tersebut tidak mengambil haknya, maka ia dapat menjual haknya tersebut kepada investor lain. Dengan demikian di pasar modal juga dikenal perdagangan right. Jadi right adalah hak yang diberikan kepada pemegang saham lama untuk terlebih dahulu membeli saham yang baru dikeluarkan dengan tujuan agar para pemegang saham lama dapat mempertahankan persentase kepemilikannya dalam suatu perusahaan.

 

Saham (Stock)

Adalah bukti penyertaan modal di suatu perusahaan atau merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan.

 

Saham Bonus

Adalah saham yang dibagikan secara cuma-cuma kepada pemegang saham bedasarkan jumlah saham yang dimiliki.

 

Stock Split

Adalah pemecahan nilai nominal saham sehingga akan menambah jumlah saham yang beredar.

 

Subscription

Adalah pembelian atau pemesanan Unit Penyertaan.

 

Switching

Adalah pengalihan sebagian atau seluruh Unit Penyertaan yang dimiliki dalam sebuah reksa dana ke reksa dana lainnya.

 

Tanggal DPS (Daftar Pemegang Saham)

Adalah tanggal dimana investor masih tercatat atau terdaftar sebagai pemegang saham.

 

Tolak Ukur

Adalah sebuah standar yang digunakan dalam mengevaluasi kinerja suatu reksa dana. Tolok ukur yang umum untuk reksa dana saham adalah Jakarta Composite Index (JCI).

Total Jumlah UP (Outstanding UP)

Adalah jumlah Unit Penyertaan yang telah diterbitkan reksa dana.

 

Undersubscribed

Adalah jumlah permintaan terhadap saham perdana kurang dari jumlah saham yang akan diterbitkan. Kebalikannya adalah oversubscribed.

 

Underwriter

Adalah perusahaan sekuritas yang bertindak melaksanakan penjaminan terhadap penjualan saham saat IPO.

 

Undervalued

Adalah saham atau surat berharga yang diperdagangkan dengan harga dibawah nilai asetnya.

 

Unit Penyertaan (UP)

Adalah satuan kepemilikan investasi dalam reksa dana.

 

Voluntary Delisting 

Adalah delisting yang dilakukan atas permintaan emiten yang bersangkutan.

 

Waran

Adalah efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang efek untuk memesan atau membeli saham perusahaan tersebut pada harga tertentu untuk jangka waktu 6 (enam) bulan atau lebih sejak diterbitkannya waran tersebut. Dalam praktek, terkadang penerbitan waran dilakukan bersamaan dengan penerbitan saham dimana waran tersebut sebagai insentif atau pemanis (sweetener). Selain diterbitkan bersama saham, waran juga bisa diterbitkan bersama obligasi.

 

Window Dressing

Adalah upaya manajer investasi mempercantik kinerja dengan mengangkat harga saham-saham yang ada di portfolionya. Aksi ini dilakukan di akhir kuartal, akhir semester atau akhir tahun.

 


SUMBER